Liga 1: Persija Jakarta Jalani Tes Medis

By ommed


nusakini.com - Setelah menggelar program early pre season untuk sebagian pemain pada pekan lalu, Persija melanjutkan agenda persiapan tim dengan menggelar tes medis bersama Official Medical Partner, Eka Hospital, BSD, pada Senin (16/5).

Seluruh pemain, minus pemain yang tengah membela timnas U-23 di SEA Games 2022 (Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, Syahrian Abimanyu) dan legiun asing, Makan Konate, menjalani berbagai macam tes.

Tahapan pertama, para pemain melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital, pengambilan sampel lab, dan pemeriksaan umum oleh tim dokter Eka Hospital. Tes kedua menjalani rekam jantung oleh dr. Daniel Tanubudi, SP.JP FIHA, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah.

Selanjutnya melewati pemeriksaan orthopedi oleh dr. Ricky E. P Hutapea, SpOT (K) Hip & Knee, Spesialis Orthopedi Konsultan Lutut dan Panggul. Kemudian ada tes VO2Max. Terakhir ada pemeriksaan fungsional oleh spesialis keolahragaan yang juga merupakan dokter tim Persija, dr. Donny Kurniawan, SpKO(K).

Bukan hanya pemeriksaan dasar (umum, rekam jantung, orthopedi, dan spesialis keolahragaan), tapi juga ada pemeriksaan yang menggunakan fitness testing. Tadi pun ada pemeriksaan VO2Max yang menggunakan maximal test. Ada juga pemeriksaan 1RM (one rep max), yaitu mengukur kekuatan. Ada pun deadlift, squad, dan pull up. Jadi tahun ini jauh lebih lengkap dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Donny.

“Kami benar-benar melakukan standar yang ditetapkan oleh FIFA atau pun klub-klub profesional di luar negeri. Mungkin ini juga bagian dari permintaan head coach (Thomas Doll) sehingga kami benar-benar meningkatkan standar untuk musim depan,” tuturnya melanjutkan. (lib/om)